Konten di Ubuntu One

Ubuntu One adalah salah satu situs web yang menyediakan layanan komputasi awan (cloud computing). Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file secara online dan berbagi file atau folder dengan orang lain secara online. Berikut saya sertakan link untuk mengakses Ubuntu One: https://one.ubuntu.com/

Berikut saya akan menjelaskan konten-konten utama yang disediakan oleh Ubuntu One ini…

Untuk dapat menggunakan konten yang ada di Ubuntu One ini kita terlebih dahulu JOIN sebagai member. Pilih JOIN pada menu utama kemudian ikuti langkah-langkah yang telah disediakan.

Setelah selesai proses pendaftaran kita bisa mengunakan konten-konten yang disediakan secara gratis dengan kapasitas storage sebesar 2GB.

DASHBOARD

Dashboard merupakan salah satu menu utama yang menampilkan halaman yg menunjukan jumlah pemakaian storage.

Selain itu dashboard juga menampilkan jumlah kontak yg sudah dibuat dan jumlah note/catatan yg telah dibuat.

FILES

Menu Files adalah menu yang dapat digunakan untuk mengatur Folder yang telah dibuat dan File yang telah kita upload.

Pada Menu Files terdapat 3 fungsi utama, yaitu Upload File, New Folder, dan Share this folder. Fungsi New Folder adalah untuk pembuatan folder baru pada account kita.

Kemudian Upload file berfungsi untuk memasukan file dari komputer kita ke dalam account kita. Ingat, untuk member yang daftar secara gratis, storage yang desediakan terbatas yaitu hanya sebesar 2GB.

Kemudian jika ingin berbagi folder yang ada di account kita, kita dapat melakukan share folder kepada pengguna lainnya.

NOTES

Menu ini memungkinkan kita untuk membuat catatan yang berisi teks. Semua hal yang kita lakukan untuk mengubah isi note dilakukan secara online. pilih Add note untuk membuat catatan baru. Kemudian Save untuk menyimpan.

Sekian postingan mengenai Ubuntu One, semoga berguna…. 🙂

nb: mohon maaf bagian Contacts tidak dibuat karena sedang dalam proses upgrade untuk konten yg satu ini, sehingga saya tidak bisa menjelaskan fungsi dari menu ini.

1 comment so far

  1. chuichoco on

    nice post gan, ane baru belajar ubuntu nih..
    hehehehe


Leave a comment